Rabu, 02 Juni 2010

Tugas Riset Akun Sofskil : bagian resume 1

ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PERHITUNGAN
ANGSURAN PRODUK KPR
(STUDI KASUS PADA PT.BANK BRI Tbk dan PT.BANK BRI SYARIAH Tbk)



Reportase : Desi Pujiati, Beny Susanti, Muthia fadila
Riset : pujiati



Kridit Pemilikan Rumah (KPR) adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Adapun jenis-jenis KPR yakni sebagai berikut. KPR Subsidi, yaitu suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan rumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki.
Perhitungan Angsuran KPR secara umum dikenal tiga metode perhitungan bunga yaitu : Long End Interest, Annuitet dan Flat. Pada umumnya dalam fasilitas KPR, pemohonan akan dikenakan beberapa biaya, di antaranya biaya appraisal, biaya notaris, provisos bank, biaya asuransi kebakaran, dan biaya premi asuransi jiwa selama masa kredit.
KPR BRI adalah fasilitas kredit yang diberikan bank BRI untuk pembelian rumah, pembangunan dan renovasi rumah. Persyaratan KPR BRI, di antaranya adalah WNI, karyawan tetap/pengusaha/profesi minimum 2 tahun, usia minimum 21 tahun sampai dengan 55 tahun, dan maksimun angsuran 40% THP (diperolehkan penghasilan gabungan suami istri).
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perhitungan angsuran pokok dan pendapatan bunga yang ditetapkan pada produk KPR PT. BANK BRI Tbk, tingkat margin yang diterapkan pada produk PPR (Produk Pembiayaan Rumah) PT BANK BRI Syariah Tbk, metode perhitungan KPR mana yang lebih menguntungkan baik bagi pihak nasabah maupun pihak bank, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi nasabah dalam pengajuan KPR da PPR pada kedua bank tersebut.
Perbedaan antara perhitungan KPR PT. BANK BRI TBk dengan produk PPR PT. BANK BRI Syariah TBk adalah pada perhitungan pendapatan bunga syariah yang menggunakan pembiayaan Murabahah”, penentuan modal, harga jual, dan keuntungan dilakukan secara transparansi atau lebih diketahui lebih dahulu pada awal akad dan jumlahnya akan selalu tetap atau tidak akan berubah hingga pembayaran angsuran terlunasi seluruhnya.


Nama : Intan Puspita Sari
NPM : 20207573
Kelas : 3EB05
Tugas : Membuat Resume dari sebuah tulisan
Sumber: UG JURNAL vol.3 No.06 tahun 2009 Terbit Setiap Tanggal 15. Hal.9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar